10 Contoh Model Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Inspirasi Desain Hunian Idaman Anda!

Dapatkan Desain Dapur Impian dan Minimalis
October 26, 2018
Ini Dia Contoh Tren Rumah Minimalis Terbaru 2018, Inspirasi Rumah Idaman
October 26, 2018

10 Contoh Model Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Inspirasi Desain Hunian Idaman Anda!

Salah satu tren gaya desain hunian yang sangat populer saat ini adalah desain rumah yang minimalis. Banyak yang berkata bahwa filosofi dari desain gaya minimalis adalah “less is more”, yaitu bahwa ketika sesuatu yang tidak nampak berlebihan atau terlihat polos maupun sederhana, sebenarnya lebih baik. Apalagi desain minimalis sangat cocok dipadukan dengan gaya modern, yang sudah jadi favorit banyak desainer dan para pemilik rumah.

Nah, bagi Anda yang ingin mendesain, membangun, atau bahkan sedang berangan-angan memiliki hunian idaman bergaya modern dan minimalis, tentunya berbagai contoh rumah dengan gaya yang sama merupakan sumber ide atau inspirasi yang tidak ingin dilewatkan. Dan berikut ini adalah 10 contoh model rumah minimalis 2 lantai yang bisa jadi sumber referensi Anda. Bahkan jika Anda masih ingin sekadar melihat-lihat karena belum yakin kalau gaya modern minimalis memang merupakan pilihan yang cocok bagi Anda, tetap tidak ada salahnya untuk mengintip berbagai ide berikut ini, bukan? Selamat membaca!

Inspirasi Desain Rumah Gaya Minimalis 2 Lantai

Inilah beberapa ide dan contoh rumah minimalis 2 lantai yang sangat layak untuk Anda tengok dan jadikan sumber inspirasi!

1. Sentuhan warna kekuningan yang cantik dengan aksen geometris horizontal pada fasad.

Untuk contoh rumah minimalis dengan 2 lantai yang satu ini, bentuk-bentuk geometris menegaskan kesan modern yang dimiliki. Seperti yang bisa Anda amati, garis-garis yang tegas dan jelas menghiasi fasad, yang dipadu dengan aksen geometris horizontal untuk menambah sentuhan estetis tanpa membuat eksterior terlihat berlebihan. Belum lagi perpaduan warna netral yang apik: gabungan warna abu-abu, putih, dan cokelat dipercantik oleh aksen warna cokelat kekuningan yang cerah, namun tidak terlalu mencolok. Justru, sentuhan warna kekuningan tersebut bisa berbaur dengan skema warna eksterior netral yang digunakan.

2. Warna cerah nan hangat untuk menyambut kedatangan tamu dan mempercantik eksterior modern.

Di sini, Anda akan temui bukan hanya sentuhan warna aksen kekuningan, tapi justru warna kuning itu sendiri. Berbaur dengan cantiknya bersama dengan skema warna netral nan hangat, aksen kuning untuk eksterior rumah modern dan minimalis 2 lantai ini lantas mampu memperkuat kesan ramah. Tentunya ini adalah impresi yang sangat bagus untuk menyambut para tamu, bukan? Belum lagi warna ini juga mampu mempertegas dekorasi geometris yang tajam dengan memanfaatkan kontras. Hasilnya adalah hunian bergaya namun sederhana dengan kesan yang hangat!

3. Sentuhan minimalis bergaya bagi Anda yang sangat menghargai privasi.

Barangkali, desain atap yang berbentuk segitiga sebagai bagian dari desain rumah minimalis 2 lantai ini adalah hal pertama yang Anda perhatikan. Sama sekali tidak mengherankan, sebab aksen tersebut memang sangat unik tapi juga cantik! Apalagi bentuknya sangat selaras dengan tema geometri yang juga dimanfaatkan untuk memperkuat kesan modern untuk eksterior dan fasad hunian satu ini. Dan bagi Anda yang sangat memperhatikan privasi, Anda bisa cermati penggunaan elemen kayu yang berfungsi baik sebagai dekorasi eksterior maupun cara untuk menjaga agar privasi penghuni tetap terjaga.

4. Perpaduan warna netral nan hangat dengan segarnya aksen tanaman hijau di muka depan rumah.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, warna-warna netral sangat populer untuk digunakan sebagai bagian dari desain dan dekorasi modern, termasuk untuk gaya modern yang minimalis. Akan tetapi, bukan berarti warna netral itu membosankan, lho! Sebab, di sini Anda bisa lihat pertemuan warna abu-abu dari material semen dengan hangatnya warna kecokelatan dengan tekstur yang menyerupai tekstur batuan alam; kombinasi ini melahirkan kesan warna yang hangat, yang diperkuat dengan penggunaan lampu outdoor yang strategis. Belum lagi, terlepas dari ukuran lahan yang sama-sama minimalis, Anda bisa amati bagaimana tanaman hijau ditambahkan dengan seksama untuk menambah kesan segar yang menarik pada desain eksterior hunian minimalis 2 lantai ini.

5. Kombinasi elemen modern dengan tekstur alami kayu serta bebatuan untuk kesan asri yang bergaya.

SIapa bilang desain moderen, termasuk modern minimalis, tidak bisa berbaur dengan alam? Pada salah satu inspirasi rumah minimalis 2 lantai yang satu ini, Anda bisa saksikan kombinasi cantik antara keduanya. Selain kesan geometris yang kuat dan tajam, Anda juga bisa dengan mudah temukan penggunaan tekstur unik dari elemen-elemen alam yang tergambarkan pada kayu serta bebatuan yang dimanfaatkan dengan apik pada desain yang satu ini. Belum lagi adanya aksen hijau yang segar dan alami untuk menghias tembok batu. Dari segi privasi, Anda juga bisa amati bahwa desain rumah modern minimalis yang satu ini juga mempertimbangkan aspek tersebut, namun sambil tetap mampu menjaga agar sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam ruangan.

6. Perpaduan tekstur batu alami dengan material kaca yang menawan.

Penggunaan material kaca pada desain eksterior rumah modern minimalis 2 lantai yang satu ini jelas menjamin pasokan pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan, terutama ruangan yang dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul dan bersosialisasi, yaitu ruang tamu. Kemudian, tekstur bebatuan yang unik dan alami dimanfaatkan pula untuk menambah kesan unik pada eksterior rumah ini, sambil menjamin privasi ruangan-ruangan di lantai atas yang berfungsi sebagai kamar-kamar pribadi, seperti ruang tidur dan kamar mandi. Pertemuan antara tekstur batu dengan bentuk geometris tentu menambah daya tarik tersendiri untuk desain rumah minimalis yang sangat inspiratif ini.

7. Hunian modern dan minimalis 2 lantai dengan nuansa yang sejuk dan asri.

Pada ide rumah minimalis dengan 2 lantai yang satu ini, Anda bisa cermati penggunaan elemen kaca yang memainkan peran vital, baik secara fungsional maupun estetis. Dan untuk menjaga privasi para penghuni rumah, solusi paling sederhana pun dipergunakan: pemasangan gorden. Warna kain yang putih bersih dapat dilihat dari luar, sehingga berbaur dengan pilihan warna netral nan hangat yang tercermin dari perpaduan warna putih gading, taupe, dan elemen kayu. Pemilihan warna netral tersebut dengan mudah membuat kebun asri yang penuh dengan warna hijau menonjol. Hasilnya adalah harmoni yang memesona untuk mempertegas kesan sejuk dan asri. Sebab, siapa bilang suasana hunian yang asri mustahil untuk diciptakan ketika Anda memilih sentuhan gaya modern dalam desainnya?

8. Bentuk hunian kubus yang sederhana dengan desain fasad yang tak kalah menariknya.

Dilihat sekilas, rumah modern 2 lantai dengan gaya minimalis yang satu ini sangat menonjolkan kesan minimalis yang dimiliki. Apalagi ketika Anda mengamati bentuk arsitektur rumah yang berupa kubus. Walaupun terlihat sangat sederhana, sebenarnya ide rumah minimalis satu ini patut Anda jadikan referensi besar, terutama jika Anda menginginkan desain bentuk bangunan yang bebas ribet. Kemudian, cermati pula pengaturan ruang tamu yang cerdik, dengan elemen kaca sebagai pengganti dinding. Dibangun tepat di atas garasi, jelas ide ruang tamu yang satu ini bisa jadi referensi jika Anda menginginkan tambahan ruangan, terlepas dari terbatasnya ukuran lahan tempat hunian idaman Anda kelak akan dibangun. Kemudian, amati juga pertemuan skema warna netral sederhana yang dijamin tidak akan pernah termakan usia: hitam dan putih. Namun, dengan pepohonan yang tumbuh di halaman kecil di depan, kesan membosankan dengan segera lenyap!

9. Ide pintar rumah minimalis 2 lantai untuk lahan sempit.

Punya masalah dengan ukuran lahan yang sempit? Justru desain rumah minimalis 2 lantai adalah pilihan solusi yang paling pas untuk mengatasi masalah Anda! Sebab, dengan menambah lantai, Anda bisa menambah ruangan sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan keluarga Anda secara lebih mudah. Kemudian, gaya desain modern dan minimalis akan bantu menghindari kesan “ramai” dan “sumpek” ketika melihat tampilan eksterior rumah, seperti yang ditunjukkan oleh ide rumah minimalis 2 lantai yang satu ini. Terlepas dari kesan modern yang sederhana namun bergaya, Anda bisa tangkap nuansa hangat dan asri; amati bahwa keterbatasan ruang yang ada justru mampu membuat taman mini di samping carport dengan mudahnya menarik perhatian Anda! Dan dengan menambah lantai, Anda bisa lihat bahwa rumah modern yang satu ini masih bisa menyediakan cukup ruang untuk teras, di mana para penghuni rumah bisa dengan nyaman bersantai di luar ruangan saat waktu luang.

10. Desain kubus yang sederhana namun efisien untuk memanfaatkan lahan sempit.

Butuh ide lagi untuk desain rumah modern di lahan sempit? Jangan khawatir, karena contoh rumah yang satu ini barangkali apa yang selama ini Anda inginkan dan butuhkan! Sebab, dengan bentuk arsitektur rumah yang sangat sederhana, keterbatasan lahan dapat dengan mudah diatasi. Bahkan, minimnya dekorasi eksterior pada bangunan mampu memberikan cukup ruang yang bisa dimanfaatkan sebagai kebun atau taman kecil di belakang rumah. Belum lagi pengaturan ruangan yang pintar dan cermat sehingga penghuni masih bisa menikmati siraman matahari dan pemandangan luar tanpa harus mengorbankan privasi. Dan tentunya, ruang-ruang di lantai 2 lantas bisa dimanfaatkan untuk kamar tidur dan kamar mandi, di mana privasi total jelas sangat dibutuhkan.

Alasan Mengapa Memiliki Rumah Minimalis Itu Menguntungkan

Dari berbagai contoh rumah minimalis 2 lantai di atas, Anda barangkali sudah bisa menyimpulkan apa saja manfaat atau keuntungan dari memilih desain bergaya minimalis dan modern untuk rumah yang sudah Anda impikan sejak lama. Untuk memperjelas dan memperkuat alasan mengapa desain rumah minimalis sangat direkomendasikan untuk Anda pertimbangkan, berikut ini adalah rangkumannya!

1. Ada banyak ruang terbuka di dalam rumah.

Penataan ruang interior dengan desain ruang terbuka atau open space sangat digemari di dunia desain rumah minimalis. Apalagi jika Anda memiliki masalah terkait keterbatasan luas lahan. Sebab, dengan desain ruang terbuka, penggunaan tembok tidaklah sebanyak pada desain interior ruangan yang lebih tradisional. Jenis penataan ini terutama populer pada ruang-ruang seperti ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Karena minimnya tembok, maka kesan ruangan yang lebih luas dapat diciptakan. Hal ini juga dapat mempermudah Anda dalam mengalokasikan ruang gerak di dalam ruangan, sehingga para pengguna ruangan di dalam bisa bergerak dan berpindah ruangan dengan leluasa. Keuntungan lainnya adalah lebih mudah untuk mengatur ulang pengaturan atau tata letak furnitur di dalam ruangan.

2. Kesederhanaan yang fungsional dan nampak elegan.

Karena fokus desain modern minimalis yang mengedepankan tampilan sederhana tanpa terlalu banyak dekorasi, aksen, atau aksesoris, maka Anda bisa sepenuhnya fokus pada fungsi. Misalnya adalah pemilihan perabot seperti rak, lemari, meja, atau tempat tidur yang menonjolkan kegunaan mereka. Meski demikian, tampilan yang seolah polos tersebut juga memiliki pesonanya sendiri. Bahkan, kesan yang nampak bisa terlihat elegan meskipun Anda tidak perlu menambahkan banyak hiasan di dalam ruangan. Jadi, bisa dikatakan pilihan desain yang minimalis itu ramah di kantong juga!

3. Bebas pilih perabot dengan gaya, warna, atau model apapun.

Ketika Anda biarkan desain interior di dalam rumah minimalis Anda sederhana, justru Anda bisa dengan mudah menambahkan furnitur atau perabot yang Anda mau, terlepas dari warna, model, atau gayanya. Bahkan, banyak pemilik rumah yang sengaja menambahkan warna mencolok untuk menghiasi ruangan, atau memilih elemen yang 100% kontras dengan kesan modern minimalis di dalam ruang ketika memilih perabot yang akan digunakan. Selain mengubah tampilan ruangan secara instan, Anda juga bisa dengan mudah menjadikan perabot tersebut sebagai pusat perhatian dan bahkan dekorasi ruangan, tanpa harus menggunakan aksesoris atau elemen dekoratif tambahan. Jadi, bagi Anda yang ingin memesan perabot custom, bisa jadi Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkan apakah desain perabot tersebut akan terlihat pas atau tidak di dalam ruangan. Dan artinya Anda bisa dengan bebas menyesuaikan ruangan dengan selera pribadi Anda.

4. Kemudahan dalam membersihkan dan merawat ruangan.

Manfaat yang satu ini jelas akan membuat Anda semakin mantap memilih gaya desain minimalis, terutama jika keluarga Anda tidak memiliki asisten rumah tangga. Mengapa? Sebab, dengan minimnya aksesoris di dalam ruangan, Anda tidak perlu buang tenaga dan waktu ekstra untuk membersihkan—misalnya—di sela-sela maupun di bawah perabot. Belum lagi, desain ruangan yang minimalis juga mempermudah Anda untuk mencegah timbulnya kerusakan pada lantai, tembok, dan sebagainya. Misalnya jika lantai kayu pada rumah Anda harus tergenang karena air yang tumpah. Jadi Anda bisa dengan segera mencegah sebelum air yang tumpah diserap seluruhnya oleh kayu pada lantai, yang jelas bisa menyebabkan lapuknya kayu tersebut atau masalah jamur yang bisa merusak warna alami lantai kayu di dalam rumah Anda.

5. Kenyamanan di dalam ruangan yang maksimal.

Sebab, dengan menjaga agar masing-masing ruangan fokus pada fungsi dan bukannya dekorasi, Apalagi jika rumah Anda punya ukuran lahan yang terbatas, sehingga tambahan dekorasi atau aksesori di dalam ruangan jelas berarti lebih banyak ruang kosong yang tersita. Tapi, manfaat yang satu ini bahkan bisa dirasakan pula oleh Anda yang tidak punya masalah dengan keterbatasan lahan, lho. Lagipula, siapa yang tidak ingin punya rumah yang selalu terasa nyaman dan aman setiap kali Anda menghabiskan waktu di sana?

Itulah beberapa contoh desain rumah modern bergaya minimalis dengan 2 lantai yang layak untuk Anda jadikan referensi. Dan bagi Anda yang awalnya masih ragu soal apakah desain minimalis adalah apa yang seharusnya Anda pilih, berbagai keuntungan atau manfaat yang diberikan oleh pilihan gaya yang satu ini jelas akan memantapkan pilihan Anda, bukan? Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi Anda!

 

URL gambar:

1    http://www.furnitureteams.com/size/1280×768/server12-cdn/2016/04/03/exterior-house-colors-hot-trends-modern-exterior-house-paint-color-combinations-6a8ca1f9572c8f5c.jpg .

2    https://homedesignidea.org/wp-content/uploads/2018/07/door-counter-device-for-modern-house-beautiful-34-best-konsep-rumah-modern-tipe-minimalis-images-on-pinterest-of-door-counter-device-for-modern-house.jpg .

3    http://www.sidingcontractorsga.us/wp-content/uploads/2018/06/front-home-designs-best-of-front-elevation-house-gallery-modern-house-elevation-of-front-home-designs.jpg .

4    https://arsitagx-master.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/img_medium/3032/4711/33011/photo-minimo-house-minimo-house-desain-arsitek-oleh-zoelsitektur.png

5    https://www.arsitag.com/proxy-s3-arsitagx-master-article/article-photo/126/750x519x14-Desain-rumah-minimalis-2-lantai-ukuran-6×9-Bener-House-karya-Dmnt-Architects-Sumber-arsitagcom.jpg.pagespeed.ic.8khWcxtYq7.jpg .

6    https://img.improuse.com/2/safe_image.php?d=AQDjCCc2Ms1NqWk1&url=https%3A%2F%2F4.bp.blogspot.com%2F-lrfiQCM8MBY%2FVtLHXvEKAeI%2FAAAAAAAACuU%2FMqpdHKW3I54%2Fs640%2Fdesain%252Brumah%252Bminimalis.jpg&_nc_hash=AQAQVXtjGnCAuPz6

7    http://3.bp.blogspot.com/-7y6yhcNPVK0/VenBu6yK4bI/AAAAAAAAAEo/2h8ow1p43LU/s1600/Desain-Rumah-Minimalis-Tampak-Depan.jpg .

8    http://agushi.s3-ap-southeast-2.amazonaws.com/project-images/wx900h/56de6bd5f3aaf-first-image.jpg .

9    https://1.bp.blogspot.com/-DYPqFfG9wgA/WdePzFO4NSI/AAAAAAAACFY/1mEjroU7c7oqWc39t0N2wlgkEUcT-Pp1ACLcBGAs/s1600/Rumah-minimalis-2-lantai-tipe-36-Small-Concrete-House.jpg .

10    https://arsitagx-master-article.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/article-photo/342/gbr-1-Perspective-backyard-R.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X