10 Rekomendasi Warna Cat untuk Rumah Minimalis yang Difavoritkan

Ini Dia Contoh Tren Rumah Minimalis Terbaru 2018, Inspirasi Rumah Idaman
October 26, 2018
10 Kitchen Set Tepat Untuk Dapur Minimalis
October 26, 2018

10 Rekomendasi Warna Cat untuk Rumah Minimalis yang Difavoritkan

Penggemar rumah minimalis sepertinya belum mengalami penurunan. Bukan tanpa alasan konsep serba simpel yang ditawarkan desain tersebut menjaring banyak peminat—terutama kawula muda yang sedang mencari tempat tinggal. Hunian tipe ini menghadirkan sentuhan elegan di balik kesan kesederhanaannya. Selain itu, perubahan tren membuat rumah minimalis yang awalnya dibangun dengan tujuan efiensi lahan menjadi salah satu jenis bangunan yang difavoritkan.

Sebagian besar orang mungkin mengira membangun rumah minimalis mudah karena desainnya yang simpel. Kenyataannya, konsep tersebut tetap membutuhkan perencanaan matang. Anda juga dapat memberikan sentuhan elegan hingga modern melalui variasi komponen atau elemen. Misalnya lewat material bangunan dan furnitur. Namun, kalau bujet Anda terbatas, maka permainan warna cat dapat diambil sebagai langkah terjangkau.

Kombinasi warna cat untuk rumah minimalis

Jangan anggap sepele pemilihan warna cat untuk desain properti, termasuk rumah minimalis. Mengikuti konsepnya, warna cat untuk gaya rumah tersebut tidak boleh terlalu banyak atau mencolok. Opsi warna yang ditawarkan biasanya tidak lebih dari tiga dan cenderung natural. Jika Anda membutuhkan referensi warna cat yang sesuai untuk rumah minimalis, berikut kami persembahkan 10 warna rekomendasi para desainer interior kenamaan yang akan mempercantik hunian Anda.

  1. Simple white

Putih adalah warna yang paling sering dipakai dan dijumpai pada rumah minimalis. Desainer Kriste Mihelini mengungkapkan putih akan membangkitkan efek hangat, segar, sekaligus serbaguna. Supaya tempat tinggal Anda tidak tampak membosankan, kombinasikan warna putih dengan perabot tradisional atau modern dengan warna sejuk atau hangat. Beberapa pilihan yang dapat diaplikasikan mencakup hitam, abu-abu, dan warna netral yang selaras dengan putih. Di sisi lain, pastikan perpaduan warna tersebut cukup kontras, sehingga hunian Anda tetap impresif.

  1. Hague blue

Dicatut dari nama kayu dengan warna menakjubkan yang kerap dipakai warga Belanda, hague blue adalah pilihan warna cat kedua yang kami rekomendasikan. Kesan dramatis yang ditawarkan warna biru ini akan cocok digunakan pada ruangan kecil, tetapi tak menutup kemungkinan bisa Anda pakai untuk eksterior rumah. Supaya penampilan hunian minimalis Anda semakin sedap dipandang, padukan hague blue dengan putih. Misalnya mengaplikasikan warna biru tersebut untuk memulas dinding, sementara putih untuk perabot pada ruangannya.

  1. White dove

Sesuai namanya, white dove akan mengingatkan Anda pada kesan kesucian nan murni pada merpati. Seperti simple white, jenis putih ini mudah diterapkan di semua ruangan rumah, khususnya kalau Anda ingin menciptakan pencahayaan yang maksimal—baik terhadap cahaya alami maupun dari lampu. Kemudian, untuk mengimbanginya, padukan white dove dengan warna-warna yang dapat meningkatkan daya tarik sensorik sekaligus kenyamanan bagi siapa saja yang berada di ruangan tersebut. Anda bisa menggunakan opsi warna tambahan tadi pada gorden maupun karpet.

  1. Iron mountain

Siapa bilang palet kelabu hanya menguarkan nuansa sendu atau menyedihkan? Kenyataannya, iron mountain mampu menghadirkan kesan elegan pada hunian minimalis Anda. Warna cat ini bisa Anda aplikasikan pada dinding kamar tidur dan dikombinasikan dengan warna senada seperti putih. Lantas untuk menguatkan kesan klasik nan elegan, gunakan kain berbahan satin dengan warna keemasan atau keperakan untuk sarung bantal, sprei, maupun gorden. Dengan begitu, kesan minimalis yang diciptakan dari pemakaian iron mountain tidak akan tenggelam.

  1. Chantilly lace

Dari namanya, warna cat ini pasti langsung membuat Anda membayangkan bahan-bahan berenda. Ya, chantilly lace merupakan warna yang akan menghadirkan nuansa halus bak pakaian berenda pada rumah minimalis Anda. Sementara untuk kombinasi warna, Anda dapat menggunakan putih sebagai pemberi efek menenangkan dan perabot kayu yang akan menghangatkan ruangan. Hasilnya, chantily lace bakal membuat Anda relaks dan nyaman beraktivitas. Pencahayaan pun akan terasa maksimal pada ruangan meski Anda tidak memakai banyak lampu.

  1. Nimbus

Menurut penuturan desainer interior Bella Mancini, Nimbus karya Benjamin Moore merupakan salah satu warna terlaris untuk hunian minimalis. Jika Anda belum mengetahuinya, Nimbus adalah warna abu-abu serbaguna yang akan tampak kebiruan atau kecokelatan saat tertimpa cahaya. Efek tersebut tak terlepas dari penamaannya yang terinspirasi dari awan. Jadi, bagi Anda yang menginginkan tempat tinggal simpel yang sejuk nan menenangkan, Nimbus dapat dipakai sebagai warna cat dinding. Warna biru dan cokelat dari Nimbus akan mengingatkan Anda pada susana pantai dan hari berhujan.

  1. Thunder

Berikutnya, ada Thunder—warna minimalis yang menjadi bagian koleksi Affinity Color. Kami menilai Thunder sebagai opsi warna yang sesuai untuk pecinta warna harmonis yang ingin mengekspresikan rasa percaya diri lewat huniannya. Warna ini tetap memukau meski tampil sendiri, tetapi Anda dapat mengombinasikannya dengan warna lain yang senada. Dengan kata lain, Thunder serasi untuk rumah minimalis dengan perabot sederhana. Di sisi lain, kekuatan dari warna abu-abu tersebut membuat hunian Anda semakin mengagumkan.

Desainer Elizabeth Bolognito bahkan memberi penghormatan terhadap Thunder. Sang perancang sangat menyukai perubahan warna dari abu-abu menjadi beige lalu ke putih yang ditampikan Thunder. Selain itu, warna cat ini dapat Anda aplikasikan sebagai latar belakang ruangan. Warna aksen yang diciptakan akan memberikan kesan canggih sekaligus menenangkan pada tempat tersebut.

  1. Clunch

Selain hague blueclunch menjadi warna selanjutnya yang dinamai dari alam, yakni batuan kapur yang dipakai pada sebagian besar blok bangunan di Anglian Timur. Sekilas, Anda mungkin mengira clunch hanya variasi dari abu-abu lembut, padahal warna ini mempunyai dasar kekuningan yang menciptakan lapisan serbaguna. Karakteristik itu pula yang membuat clunch menjadi salah satu warna cat yang layak Anda gunakan pada hunian minimalis, karena takan menghadirkan berbagai kesan memikat tanpa menanggalkan kesederhanaannya.

Menyoal kombinasi, clunch biasanya dipadukan dengan warna-warna kontras seperti meja kayu agar ruangan lebih segar dan natural atau putih untuk menghadirkan nuansa trasisional. Kemudian menurut Jessica Speeckaert dari Chambers & Chambers Architects, Mall Valley, California, clunch dapat memberi kesan hangat nan abadi pada ruangan mana pun di rumah Anda.

  1. Pitch black

Hitam memang sering dipilih dalam opsi warna rumah minimalis, tetapi pernahkan Anda membayangkan warna ini digunakan pada dinding atau tembok? Nicole Hollis—desainer asal San Fransisco—berujar bila pitch black akan menghadirkan nuansa elegan alih-alih menyeramkan pada tempat tinggal minimalis. Warna cat yang namanya dicatut dari endapan lengket gelap tar batubara yang biasanya dipakai untuk memulas atap. Selain pada dinding, warna cat pitch black pun bisa Anda manfaatkan untuk perabot kayu dan besi. Jika Anda termasuk sosok pemberani, pitch black adalah opsi warna cat yang sesuai untuk tempat tinggal minimalis yang Anda diami.

  1. Calamine

Warna cat terakhir yang kami rekomendasikan untuk rumah minimalis Anda adalah calamine. Dengan warna dasar merah muda, calamine akan memberikan sentuhan hangat pada hunian Anda. Apalagi bila Anda termasuk pribadi yang manis dan ingin membawanya pada interior maupun eksterior rumah. bahkan Alexander Leow—perusahaan desain yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat—pun memasukkan calamine sebagai salah satu warna favorit mereka. Sementara desainer Alexander Angle mengkatogerikan warna lembut ini ke dalam 10 cat merah mudah terbaik.

Calamine terinspirasi dari losion yang biasanya dipakai sebagai pereda sengatan dan ruam pada kulit anak-anak. Aromanya yang wangi nan menenangkan didampingi pula dengan kelembutan yang akan membuat anak berhenti mengeluhkan gangguan pada kulitnya. Kesan inilah yang ingin dihadirkan warna cat calamine pada perabot maupun hunian minimalis Anda.

Bagaimana menentukan warna cat rumah minimalis?

Selain mendapatkan rekomendasi berkualitas, Anda juga perlu mengetahui cara menentukan warna cat yang tepat. Anda bisa memegang daftar 10 warna cat di atas sebagai referensi sambil mengaplikasikan 4 langkah di bawah ini.

  1. Kombinasi warna cat yang tepat

Seperti yang telah disinggung, pemilihan dan perpaduan warna cat yang sesuai akan membuat hunian minimalis Anda nyaman dipandang. Langkah paling awal yang dapat Anda lakukan adalah merancang desain rumah yang cocok dengan konsep interiornya. Pada umumnya, beberapa orang akan memulas 80% dinding rumah mereka memakai warna netral, sementara 20% lagi disaput warna yang lebih berani. Kenyataannya, Anda tidak harus terpaku pada patokan tersebut, sebab Anda bisa menggunakan cara alternatif seperti:

  • Pastikan sejumlah warna yang Anda pilih merupakan warna favorit anggota keluarga agar mereka nyaman menempatinya;
  • Rumah minimalis pada umumnya tidak membutuhkan warna-warna mencolok, tetapi Anda bisa menetralkan warna-warna berani tersebut dengan cat putih;
  • Di sisi lain, Anda tak dilarang menggunakan warna mencolok selama Anda bisa memadukan warna dengan baik;
  • Bedakan warna cat untuk interior dan eksterior hunian agar tak memberi kesan menjenuhkan.
  1. Mengenal karakter warna yang dipilih

Jika Anda perhatikan lagi daftar di atas, setiap warna mempunyai karakter yang sebenarnya dapat memudahkan pengambilan keputusan. Sebagian besar orang menganggap warna-warna natural yang diaplikasikan pada rumah minimalis sering kali dianggap kaku, padalah mereka juga punya karakter.

  • Putih. Di daftar, Anda mendapati dua jenis warna putih yang direkomendasikan. Putih merupakan pilihan favorit sebagian besar orang yang menyukai kebersihan sekaligus kesan mewah yang tidak berlebihan. Namun, penggunaan warna putih berlebihan malah akan memberikan kesan kaku atau dingin. Sebaiknya Anda kombinasikan dengan warna lain seperti cokelat kayu, abu-abu, dan hitam;
  • Abu-abu. Selain putih, abu-abu menjadi warna yang kerap disebut pada daftar warna cat di atas. Tak hanya meneduhkan, abu-abu ternyata bisa memberikan kesan luas pada hunian minimalis yang notabene mempunyai lahan terbatas. Akan tetapi, dominasi abu-abu hanya akan meningkatkan kesan arogan sekaligus kaku;
  • Hitam. Pemakaian yang tepat akan membuat warna cat hitam yang Anda aplikasikan di rumah menghidupan nuansa elegan nan kokoh. Sebaliknya, hitam yang terlalu dominan malah membuat tempat tinggal Anda sempit hingga menguarkan kesan mistis. Pemakaian hitam dalam opsi warna cat lebih direkomendasikan untuk eksterior agar menguatkan kesan mewah;
  • Pastel. Belakangan ini, pastel digunakan pada rumah minimalis untuk memberikan sentuhan lembut nan modern. Pencahayaan pun akan lebih hangat dengan warna cat pastel, sehingga akan menghemat konsumsi listrik untuk lampu.
  1. Warna terbaik untuk setiap ruangan

Tahukah Anda bahwa setiap ruangan di rumah mempunyai treatment warna cat yang berbeda? Selain disebabkan perbedaan furnitur, fungsi ruangan yang tak kalah beragam pun mempengaruhi jenis warna yang dipilih. Misalnya kamar tidur yang dipakai sebagai tempat istirahat pastinya mempunyai dinamika yang lebih lambat dibandingkan dapur yang notabene aktif. Maka dari itu, warna cat yang Anda pilih pun harus menyesuaikan dengan karakter ruangan tersebut. Jika tidak tepat, bisa dipastikan Anda tak akan nyaman menempati rumah itu.

  • Ruang tamu. Bisa dikatakan, ruang tamu merupakan tempat esensial pada tipe rumah mana pun. Pasalnya di sana Anda paling sering menerima interaksi dari pihak yang tak serumah. Ruang tamu juga akan menjadi indikator pendatang dalam menilai tempat tinggal sekaligus kepribadian Anda. Jadi, penting bagi Anda memilah warna cat yang sesuai. Warna netral seperti putih yang dikombinasikan dengan pastel adalah opsi yang tepat, karena akan memancarkan kesan hangat nan nyaman. Hindari warna gelap seperti abu-abu dan hitam yang akan menegaskan kesan dingin;
  • Ruang makan dan keluarga. Bila ruang tamu menjadi lokasi Anda berinteraksi dengan pihak lain, maka ruang makan dan keluarga adalah lokasi interaksi bersama orang-orang terdekat yang tinggal seatap. Untuk mengeratkan hubungan dan kekerabatan, gunakan warna-warna yang lebih hangat atau cerah seperti krem, kuning, jingga, maupun merah untuk ruang keluarga. Sementara hijau muda dan pastel dapat Anda aplikasikan di ruang makan untuk mengundang selera makan;
  • Ruang tidur. Pemilihan warna cat untuk kamar tidur cenderung relatif karena tergantung pada selera penghuni masing-masing. Jadi Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan karakter selama tetap mengikuti konsep minimalis pada hunian Anda. Beberapa opsi warna yang bisa Anda gunakan di antaranya merah muda, biru, ungu, dan lain sebagainya;
  • Dapur. Tak dapat dipungkiri kalau dapur menjadi lokasi favorit bagi orang-orang yang gemar memasak. Anda dapat mengolah berbagai bahan makanan dan resep-resep yang selama ini Anda kumpulkan. Agar Anda lebih nyaman dan mudah menangkap inspirasi, pemilihan warna cat juga harus diperhatikan. Oranye dan cokelat adalah salah dua warna yang akan membuat semangat Anda meroket saat ada di dapur;
  • Kamar mandi. Kebersihan adalah hal yang paling diprioritaskan di kamar mandi. Selain merawatnya secara manual, Anda juga bisa menguatkan kesan bersih nan higienis di kamar mandi dengan memilih warna cat yang tepat. Beberapa warna cat yang dapat digunakan adalah hijau dan biru.
  1. Metode perawatan cat yang sesuai

Sebagus apa pun kualitas cat yang digunakan, penampilan rumah minimalis Anda tidak akan optimal kalau tidak didampingi perawatan yang sesuai. Setiap jenis cat dibuat dengan bahan berbeda, jadi Anda juga harus cermat menanganinya. Salah satu tip yang perlu Anda ingat adalah pemakaian material seperti keramik yang ditempatkan 5 sentimeter dinding bawah akan menjauhkan dinding dari tingkat kelembapan temperatur udara. Metode tersebut akan mencegah pengelupasan cat dan pemudaran warna.

Demikian pemaparan 10 warna cat rumah terbaik yang kami rekomendasikan untuk hunian minimalis Anda beserta cara memilihnya. Dari penjelasan di atas, Anda dapat simpulkan sendiri bahwa pemilihan warna memberikan dampak besar terhadap penampilan hingga kenyamanan rumah.

Semoga informasi ini akan memandu Anda menentukan warna cat yang sesuai dengan karakteristik dan selera!

Sumber foto:

  1. Simple white https://www.pexels.com/photo/cabinets-carpet-design-desk-245219/
  2. Hague blue https://mybespokeroom.s3.amazonaws.com/hero_images/files/000/160/611/hero_large/03my-bespoke-room-web-sized.jpg?1508748272
  3. White dove https://cdn.styleblueprint.com/wp-content/uploads/2018/03/1280_1ukK4F3dYrWD.jpg?1464102265
  4. Iron mountain https://www.hirshfields.com/wp-content/uploads/2016/08/IA_kohler_northernrootskitchen_1200x880.jpg
  5. Chantilly lace http://www.designdeveloprealize.com/wp-content/uploads/2017/12/best-of-benjamin-moore-chantilly-lace-10.jpg
  6. Nimbus https://media.benjaminmoore.com/WebServices/prod/ColorTrends/images/colortrends2012/eclectic_elegance/A_%20Bedroom%202_v6_arch.jpg
  7. Thunder http://alternativealexandriawaterfrontplan.com/wp-content/uploads/color-forte-benjamin-moore-paint-consultation-thunder_163188.jpg
  8. Clunch http://inspiration.farrow-ball.com/ImageHandler.ashx?id=292&hires=true
  9. Pitch black https://www.pexels.com/photo/apartment-candles-chair-coffee-table-276728/
  10. Calamine http://inspiration.farrow-ball.com/ImageHandler.ashx?id=20112&hires=true

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X